pertarungan 4 mobil LCGC, Siapakah pemenangnya?

26 09 2012

Kemarin 25 September 2012 penulis mendatangi acara show otomotif terbesar di Indonesia, yaitu International Indonesia Motor Show 2012. Seperti tahun-tahun sebelumnya show otomotif terbesar di Indonesia ini sangat meriah, di dukung oleh puluhan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) Kendaraan roda 4 diseluruh Indonesia. Ratusan mobil tentunya sudah berjejer untuk ditampilkan kepada masyarakat luas untuk diperkenalkan.

Saat penulis masuk melihat mobil-mobil pabrikan eropa tidak ada pemandangan menarik, hanya seperti biasa mobil-mobil mewah berjejer tidak tampak mobil-mobil konsep yang menarik untuk diamati, namun ketika masuk lebih dalam lagi ternyata dari berbagai booth merk eropa ternyata terselip merk baru yang tahun ini baru hadir di Indonesia, yaitu TATA Motor. Ada beberapa mobil yang dipajang, namun yang sangat menarik adalah si mobil termurah di dunia TATA NANO. penulis pun menghampiri dan melihat dari beberapa sisi TATA NANO. TATA NANO digadang-gadang akan menjadi salah satu mobil yang akan masuk program LCGC.

Mengenai LCGC pasti pembaca akan bertanya-tanya apakah LCGC itu. LCGC adalah suatu bentuk dari pemerintah dalam pemberian insentif pada pabrikan otomotif di Indonesia terhadap mobil yang melewati regulasinya, antara lain isi silindernya, konsumsi bahan bakarnya, emisi gas buang yang rendah dan tentunya harga yang terjangkau oleh masyrakat serta tentunya harus diproduksi dalam negeri. Tentunya LCGC merupakan program yang cukup menarik bagi masyarakat Indonesia, karena masyarakat Indonesia akan terjangkau memiliki kendaraan dimana harga kendaraan sekarang ini sudah menjulang tinggi.

Nah mobil apa lagi yang masuk dalam Program LCGC, ayo ikuti penulis. Selanjutnya penulis masuk kedalam hall yang berisi merk yang dikenal oleh masyarakat. pertama kali masuk penulis sudah disambut oleh Booth Daihatsu. Booth Daihatsu sangatlah menarik karena menampilkan bermacam mobil konsep seperti D-X, D-R dan UFC. namun dari jejeran mobil tersebut terdapat mobil yang hadir dipanggung yang sangat menarik, ialah Astra Daihatsu AYLA. apakah ini mobil yang ramai dibicarakan sebagai salah satu mobil LCGC. Dilihat sekilas Astra Daihatsu AYLA sangat menarik dan tidak menampakkan kesan murahan, bahkan terlihat seperti mobil berkelas bak sekelas sirion.

Setelah melewati booth Daihatsu kami tidak melihat lagi mobil-mobil yang layak sebagai program LCGC namun pada booth Geely kami melihat satu lagi mobil yang akan bersaing sebagai mobil LCGC, yaitu Geely Panda 1.0. Panda 1.0 ini memang disiapkan Geely untuk masuk dalam Program LCGC. Geely menurunkan spesifikasi khusus Panda ini, dari kapasitas mesinnya 1300 cc menjadi 1000 cc. Wah cukup menarik juga dan mobil Panda ini adalah salah satu yang sudah dijual walaupun Program LCGC belum dimulai.

Selanjutnya penulis memasuki booth Toyota yang tentunya sangat meriah, sebagai pabrikan otomotif terbesar di Indonesia.Puluhan Mobil sudah hadir untuk dilihat-lihat oleh pengunjung, dan ada 1 mobil yang menarik minat penulis, yaitu Toyota Astra Agya atau bisa disebut dengan kembaran Astra Daihatsu AYLA. dari tampilan Agya memberikan citra Sporty berbeda dengan Ayla yang lebih menampilkan sisi keeleganannya. Untuk tampilan cukup berbeda dengan saudara kembarnya Ayla, namun untuk spesifikasi Agya tidak jauh berbeda dengan Ayla. Tentunya Agya merupakan salah satu mobil yang dipersiapkan untuk program LCGC seperti saudara kembarnya Ayla.

Ternyata Penulis menemukan 4 mobil yang mendukung Program LCGC, Keempatnya cukup menarik untuk dipertarungkan dalam pertarungan sengit. Tentunya keempat mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun siapakah yang akan memenangkan pertarungan maut mobil LCGC. Apakah Tata Nano dari Parikan India yang digadang-gadang sebagai mobil termurah, atau Geely Panda dari pabrikan China, ataukah duet maut Ayla-Agya yang mungkin akan sukses seperti kakak-kakaknya Xenia-Avanza, Terios-Rush, tunggu review selanjutnya dari ADCADESIGN……


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: