Esemka = Mobil Nasional

18 01 2012

Pada penghujung tahun 2011 Indonesia diramaikan dengan hingar bingar mobil buatan anak-anak dari SMK yang labeli merek ESEMKA. Hal ini cukup mencuri perhatian publik Indonesia, pasalnya dimana pemerintah sedang menggembar-gemborkan program untuk program nasional tiba-tiba secara mengejutkan mobil buatan siswa SMK hadir ditengah-tengah publik, terlebih mobil tersebut ada yang digadang-gadangkan oleh pemerintah daerah bahkan hingga digunakan menjadi mobil dinas walikota solo menggantikan mobil dinas sebelumnya, yaitu Toyota Camry. Hal yang cukup menarik bukan dimana pada tahun 2009-2010 menteri beserta jajaran diberikan mobil dinas impor utuh dari luar, sekarang pejabat daerah menggunakan mobil dalam negeri.

Mungkin mengenai spesifikasi dari mobil beberapa jenis mobil ESEMKA, sudah banyak di jabarkan oleh blog-blog lain mulai dari mesin, suspensi, gardan, interior, eksterior dan sebagainya. Jadi disini kita tidak terlalu membahas mengenai detail dari mobilnya. Mobil ESEMKA ini jika dilihat tidak jauh berbeda dengan mobil bermerek china yang pertama kali hadir, bukan berarti modelnya mirip namun dari segi tampilan mobil ini seperti mengambil bagian-bagian dari berbagai mobil lainnya yang sudah ada dipasaran. Tentunya jika kita lihat mobil tersebut kita akan merasakan aura yang tak ayal dimana kita sudah mengenalnya. Seperti pada mobil ESEMKA RAJAWALI yang digunakan sebagai mobil dinas walikota, jika kita amati head lam mengambil dari mobil honda CR-V yang saat ini masih dijual dipasaran Indonesia dan beberapa bagian lainnya.

Jika kita amati dari cara pembuatannya, mobil-mobil tidak ayal seperti mobil buatan karoseri, dimana sasis dibuat dalam negeri dan komponen-komponen sisanya di impor secara terpisah sehingga hanya dirakit di Indonesia sesuai dengan bentuk dari perusahaan Karoseri tersebut. Sehingga bisa kita bilang bahwa di Indonesia hanya merakit saja, belum tahap membuat sama seperti mobil-mobil bermerek jepang seperti daihatsu xenia, toyota Avanza dan sebagainya. Mereka mengambil beberapa persen komponen dari luar dari sebagian besar dari Indonesia.

Sehingga jika kita tarik kesimpulan bahwa mobil-mobil ESEMKA masih dalam tahap karoseri, belum tahap pembuatan mobil secara utuhnya, namun disini nampaknya suasana media membuat mobil ESEMKA menjadi terkenal, terlebih setelah munculnya jiplakan mobil ESEMKA RAJAWALI di India, tentunya menjadi suatu pembicaraan. Selain itu pula kehadirannya mengundang unsur-unsur politik untuk masuk dalam pengembangannya, seperti banyak orang-orang politik yang ingin menggunakan mobil ESEMKA ini. Tentunya apabila mobil ESEMKA ingin dijadikan sebuah merek nasional, pemerintah harus betul-betul mensuport, dimulai dengan pembangunan infrastuktur dan mungkin menunjukkan BUMN untuk berinvestasi dan membantu dalam penyediaan komponen-komponennya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: