Review HP smartfren| CM100

10 01 2011

Pada tahun kemarin, Universitas Gunadarma telah bekerja sama dengan Smartfren dan menghasilkan suatu innovasi baru sebagai fasilitas baru warga Universitas Gunadarma yang dinamakan UG OneClick. UG One Click ini hadir sebagai sarana untuk mempermudah komunikasi dan informasi antara Universitas Gunadarma dengan Mahasiswanya. Untuk itu mencoba sarana tersebut Universitas Gunadarma memberikan HP Smartfren CM100 kepada seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Dari bentuk kotak, HP ini tidak jauh beda dengan HP CDMA lainnya yang telah dibundle dengan operator-operator CDMA yang ada dipasaran, namun jika diamati lebih jelas lagi terlihat kelebihan yang ditulliskan pada kotak dus HP Smartfren | CM100 ini yaitu adalah Hape Modem. Hal ini cukup mengejutkan sebab sebagai HP CDMA low class bisa memiliki fasilitas sebagai modem pula, walaupun sangat disayangkan kemampuannya hanya 153,6 Kbps. Namun fine-fine saja untuk HP sekelas ini kemampuannya seperti demikian.

Sekarang kita buka dalam isi kotaknya, ternyata kita menemukan 1 buah ponsel, charge dengan model USB, dan satu lagi yang membuat kita kagum yaitu Headset. Wow cukup mengagetkan HP seperti ini menyediakan Headset, walaupun kita belum tau kegunaannya, apakah hanya sebagai antena radio atau bisa untuk mendengarkan musik namun ternyata HP ini memberikan fasilitas yang cukup bagi penggunanya.

Beralih pada ponselnya, pada tampilan luar ponsel cukup menarik bahkan mengesankan sebagai HP kelas tinggi, jauh dibandingkan HP sekelasnya, hal ini terlihat dari penggunaan mika kaca yang menghiasi sisi depannya ditambah dengan keypad yang elegan serta posisi yang cukup egronomis membuat HP ini terlihat seperti HP berkelas. Melongok pada sisi bawah kita akan melihat port untuk charge baterai yang sama dengan merek-merek HP China lainnya seperti Nexian. Beralih pada sisi atas ada sebuah kotak kecil yang berguna sebagai senter. Untuk bagian belakang tidak ada yang spesial bahkan terlihat seperti HP low class.

Sekarang coba kita hidupkan ponselnya, ternyata muncul tampilan smartfren lalu akan masuk pada tampilan wallpaper. Wallpapper nya tampilan cukup standart menampilkan logo smartfren, pada tampilan itu ada tampilan waktu, tanggal, serta pilihan Facebook dan Freenduo. Pada pilihan facebook merupakan shortcut menuju link facebook sehingga jika memilihnya anda akan menuju site mobile facebook, untuk pilihan frenduo merupakan pilihan untuk memilih nomor anda, anda bisa memilih kartu anda sebagai nomor CDMA (dimulai dengan 021) atau GSM (dimulai dengan 08880).

Sekarang kita masuk dimenu utama, disini ada 2 pilihan sub menu yang jarang kita temukan pada HP CDMA low class lainnya yaitu sub menu b-live dan  media. Pada sub menu b-live terdapat aplikasi-aplikasi yang menarik yang cukup membuat kita kagum seperti UG-Oneclick, Facebook, Twitter, SFM (SmartFren Messanger), M-karoke, M-news, M-Shop, dan 1001 kisah. Untuk aplikasi UG Oneclick merupakan aplikasi khusus untuk para mahasiswa gunadarma, pada UG Oneclick Mahasiswa dapat mengabsen dan mengetahui informasi penting yang ada dikampus. Untuk aplikasi facebook, dan twitter merupakan shortcut menuju link masing-masing.Untuk SFM merupakan Messanger antar pengguna HP smartfren ini namun sayang dikenakan pulsa, untuk aplikasi-aplikasi lainnya adalah aplikasi berbayar.

Kembali pada menu awal, lalu dibuka sub menu media. Cukup mengagetkan disini kita dapat mendengarkan MP3 dan Radio dengan Headset kita. Setelah dicoba suara yang dihasilkan dari speaker sangat keras namun kualitasya meragukan, namun saat menggunakan headset suara keluar cukup baik. Setelah itu kita kembali ke menu awalnya ada satu hal yang luput dari perhatian adalah logo OPERAMini. Wow cukup mengagetkan sekali HP sekelas ini memiliki aplikasi Operamini.

Pada Submenu extras kita dapat menemukan hal yang baru pada HP sekelas ini yaitu USB. Hal ini cukup menarik karena sangat jarang sekali HP seperti ini dapat menyambung dengan Komputer, selain itu untuk menghidupkan senter yang ada pada sisi atas, kita hanya cukup memencet tombol penggerak keatas lalu ditahan hingga hidup. untuk mematikannya sama seperti cara menghidupkannya.

Satu hal yang membuat penasaran dimanakah kita bisa menyimpan lagu-lagu untuk MP3 padahal memori internal hanya bisa menampung 1200kb saja, ukuran yang kecil untuk sebuah lagu. Setelah dibuka bagian belakarang ternyata terdapat slot memasukkan memori ekseternal berbentuk MicroSD. Setelah diuji coba HP ini mampu menggunakan ekseternal memori hingga 4GB.

Namun saynganya setelah di ujicoba kan terdapat kelemahan-kelemahan pada HP ini antara lain:

  1. Pada Layar utama terkadang terdapat garis yang tidak jelas.
  2. OS pada HP berjalan sangat lambat.
  3. Membuka aplikasi membutuhkan banyak waktu.
  4. Suara speaker kurang berkualitas.
  5. Kekuatan Batere kurang.

Namun selain dari ke lima hal tersebut HP ini cukup bisa diacungi jempol untuk HP seharga Rp 325.000,00 . Walaupun HP ini banyak kelemahan namun dengan kelebihan yang dimiliki HP ini bisa menjadi referensi sebagai HP secondary kita selain HP GSM yang kita miliki.


Actions

Information

3 responses

19 07 2011
agus

ada kelebihan lain…smart dialing mirip Sony Ericsson !
tekan dpad bawah kemudian tekan tombol dimana huruf berada misal mau telp agus.. cukup tekan tombol 2 diikuti 4 , trus 8 dan 7… keren kan….🙂

27 08 2011
dani

jangan berharapbanyak kalo belum pasti dapet angkatan tahun ini….

13 11 2011
adcadesign

akhirnya dapat juga kan yang lebih baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: