Tablet PC Made Indonesia (Zyrex Onepad)

28 12 2010

Seperti posting sebelumnya, saat ADCADESIGN sedang mengunjungi beberapa rekanan blog, ADCADESIGN kembali menemukan pembahasan yang cukup menarik mengenai perkembangan Tablet PC yang berjudul “Ayo Adu Blackberry Playbook dengan iPad, Galaxy Tab, dan Dell Streak !!!!”. Postingan dari http://banuaw.wordpress.com ini  mereview mengenai 4 tablet PC dari vendor-vendor yang sudah memiliki nama seperti Blackberry Playbook yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM), iPad dikembangkan oleh vendor yang tengah naik daun APPLE Inc, Galaxy tab dikembangkan satu-satunya vendor asia yang ada di review ini yaitu SAMSUNG Electronic, dan yang terakhir Dell Streak dikembangkan oleh vendor kenamaan DELL Inc.

Review ke empat tablet PC ini sangat seru, namun bagaimana kalau disandingkan dengan brand lokal anak bangsa Indonesia. Pada tanggal 14 Juli 2010, PT. Zyrexindo Mandiri meluncurkan tablet pertama anak bangsa yang dinamakan OnePad. Pada saat itu Zyrex memperkenalkan 3 varian tabletnya yaitu

  1. Wakatobi Mini MP1291 – sebuah seri netbook convertible (tablet netbook) yang cocok untuk professional muda trendy yang sering melakukan presentasi ke kliennya ataupun oleh para siswa, mahasiswa dalam mencatat bahan pelajaran / bahan kuliah dalam kelas. Dengan 4 pilihan warna sesuai selera masing-masing.
  2. Zyrex OnePad MS 1110 – sebuah seri tablet padbook multi touch dengan Operating Systems Android 2.xx yang sangat cocok untuk para professional yang mobile dengan tuntutan tinggi pada pekerjaan yang ‘always-connected & always-computing’. Dengan design yang  tipis hanya  12,5 mm dan berat hanya 620 gram, sangat nyaman untuk mobilitas Anda.
  3. Zyrex OnePad MP1210 – Zyrex OnePad yang support  Operating Systems Windows 7 (recommended Windows 7 Home Premium , Professional dan Ultimate) , lengkap dengan 1.3MP camera

Namun saat itu Zyrex hanya memperkenalkan saja dan menjual secara terbatas, sekarang ini  Zyrexindo telah menelurkan lagi produk Tablet PC nya dengan nama Onepad SP1110. Nah sekarang kita akan bandingkan Zyrex Onepad SP1110 dengan keempat tablet PC yang dikembangkan oleh vendor-vendor yang sudah mendunia. Baik kita bandingkan pada tabel ini ke 5 tablet PC tersebut

Dari tabel diatas, kita dapat melihat bahwa tablet anak bangsa masih dapat bersanding dengan tablet yang sudah memiliki nama. Bahkan pada beberapa spesifikasi Onepad 1110 yang lebih dari dari salah satu pesaing lainnya seperti pada spesifikasi adobe flash, Onepad, Galaxy tab dan playbook saja yang sudah ter integrasi dengan adobe flash 10.1. Selain itu prosesor yang tertanampun pada Onepad setara dengan Playbook dengan kemampuan Dual Core 1GHz. Kita lihat pula RAMnya Onepad setara dengan Dell Streak yaitu 512 MB atau 2 kali kipatnya dari iPAD. Namun sayangnya untuk urusan mobilitas fasilitas Onepad masih kurang diperhatikan hal ini terlihat dengan tidak adanya GPS dan packet akses data sehingga untuk mobile Onepad membutuhkan modem eksternal.

Nah dari fasilitas yang kita bahas dapat disimpulkan bahwa Onepad merupakan salah satu Tablet PC yang dapat bersanding dengan merek-merek terkenal lainnya, tidak hanya itu pula Zyrex melengkapi Onepad dengan spesifikasi yang memumpuni untuk kelas tablet PC dimana mobilitas dan peforma merupakan hal utama bagi Tablet PC.

Dari kelima Tablet PC walaupun sekelas mereka memiliki harga yang cukup berbeda diantaranya:

Blackberry Playbook = $1000-1300 (Estimasi)
iPad                                   = Rp.4,799.000-Rp7,999.000
Galaxy Tab                     = Rp 6,999,000
Dell Streak                      = Rp 6,250,000
Zyrex Onepad               = Rp 4,299,000

Untuk Blackberry playbook belum masuk di Indonesia jadi harganya pun masih estimasi belum dapat dipastikan namun pastinya akan lebih dari $1000 dolar atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 9,160,000 itu belum ditambah pajak bea cukai. Sementara untuk iPAD, Galaxy Tab, Dell Streak dan Onepad merupakan harga resmi yang telah dikeluarkan oleh distributor.

Bearti dari ke 5 tablet PC untuk perbandingan harga hanya dapat dibandingkan iPAD, Galaxy Tab, Dell Streak dan Onepad. Tentunya kalau dilihat dari perbandingan harga iPad merupakan Tablet PC termahal dengan harga tertingginya hampir 8 juta, disusul oleh samsung galaxy tab dengan harga Rp 6,999,000, lalu Dell Streak mengikuti dengan harga Rp 6,250,000. Sementara itu Onepad sebagai Tablet PC paling ekonomis karena harganya hanya 4,3 juta saja tentunya lebih murah dibandingkan dengan harga iPAD dengan varian terendahnya yaitu 4,8 jutaan.

Tentunya dari spesifikasi, Zyrex Onepad 1110 merupakan tablet PC untuk middle-low artinya pangsa pasar untuk Onepad ini untuk orang-orang yang berkantong tidak terlalu tebal namun membutuhkan sebuah tablet PC yang kokoh, easy going, mudah penggunaannya, dan tentunya pengalaman tablet PC dengan performa dual core setara dengan tablet Balckberry Playbook.

 

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: