Cara mudah mengkonvert video

28 12 2010

Kemarin ADCADESIGN melakukan perjalanan yang cukup jauh di dunia maya. Dalam perjalanan menemukan sebuah tulisan yang cukup menarik yang berjudul “Jenis Format File Video” dari blog http://banuaw.wordpress.com. Dalam tulisan itu diceritakan mengenai jenis dan format-format video. Ternyata ada lebih dari 100 jenis eksitensi video yang beredar di dunia ini. Jenis-jenis eksitensi ini mulai dari yang kita kenal seperti avi,mp4,3gp dan juga yang jarang atau malah sama sekali belum mengetahuinya seperti .camproj, .camrec, .clpi.

Nah sekarang yang dibahas disini bukan mengenai jenis-jenis eksitensi video lagi, namun masalah yang sering terjadi pada orang awam yaitu “BAGAIMANA CARANYA MERUBAH FORMAT VIDEO?”. Ada banyak sekali software ataupun aplikasi yang membantu untuk merubah format video. Mulai dari yang mudah cara pemakaiannya hingga yang sangat sulit cara pemakaiannya, hasilnya pun bermacam-macam sesuai dengan software dan aplikasi yang digunakan dalam mengkonvert video.

Sekarang saya akan memperkenalkan salah satu software pengkonvert yang cukup mudah, yaitu YOUTUBE DOWNLOADER. Walaupun Youtube Downloader biasanya digunakan untuk mendownload video yang ada di situs Youtube, namun software ini menawarkan fasilitas lainnya seperti pengkonvert video. Youtube Downloader ini dapat kita download secara gratis pada situs pengembangnya yaitu http://youtubedownload.altervista.org/.

Ok sekarang bagaimana cara penggunaanya. Tentunya sangat mudah bagi orang awam maupun yang sudah biasa dalam bidang ini. Pertama-tama kita harus menginstall youtube downloader nya terlebih dahulu sebelum kita menggunakannya untuk mengkonvert. Setelah proses installasi selesai lalu kita buka programnya. Setelah program sudah dibuka pada pilihan “what do you want to do?” pilih pilihan “Convert or play a video you habe already downloaded”.

lalu cari video yang mau kita download pada “select the video file” lalu di browse

Setelah itu pada “Convert Video to” pilih jenis eksitensi yang di inginkan. pada pilihan ini youtube downloader memberikan 8 jenis pilihan antara lain:

  1. Ipod Video (untuk format video pada quicktime yaitu .MOV”
  2. IPhone video (untuk format .MPEG-4 dan .MP4)
  3. PSP Video (Format untuk video di PSP yaitu H.264 MP4)
  4. Cell Phone (Format untuk di HP yaitu H.236 3GP)
  5. Windows Media Video (Format untuk WMV)
  6. XVid MPEG-4 Codec (untuk format .avi)
  7. MPEG Audio Layer3 (untuk mengubah menjadi audia berformat .MP3)
  8. Manual Conversion (mengkonvert secara manual)

Setelah memililih pilihan lalu clik “Convert” setelah itu akan muncul option untuk memilih qualitas video dari hasil yang dikonvert nantinya.

Ada 4 Pilihan yaitu Low, Medium, Optimal dan High. Untuk Low hasil video yang dihasilkan sangat minim kualitas dan ukuranpun lebih minim dibandingkan yang lain. Untuk Medium hasil yang ditawarkan cukup baik tentunya ukuranpun lebih besar dibandingkan pilihan low (pilihan ini biasanya sangat suport di HP). Untuk pilihan optimal hasil videonya lebih optimal dibandingkan yang medium dan juga ukuran lebih besar dari medium namun sayangnya terkadang beberapa HP kurang bisa membaca pada hasil dari pilihan optimal, High merupakan konvertan dengan hasil terbaik tentunya ukuran pun lebih besar dari pada optimal namun kelemahannya hampir sama dengan pilihan optimal karena bit rate yang dihasilkan cukup tinggi.Setelah itu pilih Ok akan dilakukan proses pengkovertan.

Waktu yang dibutuhkan disesuaikan dengan ukuran file sebelum dikonvert dan juga hasil yang di inginkan.

Jika selesai akan keluar pemberitahuan “Conversion of video file Successful” maka proses pengkonvertan telah selesai.

Itulah merupakan cara mudah untuk mengkonvert video dengan program Youtube Downloader, Namun sayangnya terkadang Yotube downloader tidak bisa mengkonvert beberapa file yang sulit di identifikasi sehingga proses konvertnya akan gagal. Tentunya Youtube Downloader merupakan salah satu program yang menjadi pilihan untuk mengkonvert jenis file yang kita inginkan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: