Produk Indonesia?

25 12 2010

Jika kita lihat media sekarang, Pemerintah sedang menggadang-gadangkan istilah “I love Produk Indonesia”, namun sebenarnya produk yang seperti apa produk-produk asli atau benar-benar asli dari Indonesia. Yang menjadi pertanyaan pada sisi manakah kita melihat sebuah produk itu sebagai produk asli Indonesia.

Tentunya untuk produk yang dilihat dari sisi mana pun produk indonesia adalah produk-produk kebudayaan kita, seperti Batik dan songket. Tentunya kalau dilihat dari sisi pandangan manapun secara pasti kita dapat mengatakan bahwa itu merupakan produk Indonesia. Namun jika kita lihat produk-produk seperti kendaraan roda empat, elektronik, komputer dan barang-barang yang pasarnya middle-hight, pastinya kita akan sulit menentukan apakah produk itu bisa dikatakan produk Indonesia.

Contohnya sekarang banyak laptop-laptop buatan lokal seperti ZYREX yang diproduksi oleh PT. Zyrexindo Mandiri Buana. Laptopnya memang dari tampilan tidak sebagus laptop-laptop lainnya seperti ACER, ASUS, HP dan lainnya. Namun dalam segi kualitas tidak kalah dengan brand-brand yang telah disebutkan apalagi kalau dilihat dari segi ekonomis ZYREX merupakan rajanya, bayangkan saja untuk spesifikasi yang ditawarkan oleh brand-brand luar dengan harga kepala 7 namun ZYREX mampu menyuguhkan produk sekelasnya dengan harga kepala 6, bahkan ZYREX merupakan produk yang berani mengeluarkan produk-produk untuk menyenggol brand-brand luar, seperti saat APPLE mengeluarkan i-PAD beberapa saad kemudian ZYREX memperkenalkan One-PAD dimana One pad yang hadirkan ini berbasis sepsifikasi NET-BOOK. Tentunya harga pun sangat jauh berbeda.

Namun walaupun demikian ZYREX dalam produksi masih mengimpor part-part nya, dalam arti ZYREX hanya melakukan pendesainan dan manufaktur saja, apakah ini bisa kita sebut dengan produk buatan Indonesia. Inilah sisi yang agak sulit diterima, apakah kita sebagai pendesain dan manufaktur saja bisa disebut produknya sebagai buatan Indonesia. Hal ini cukup membingungkan dan agak canggung kita untuk mengatakan ini produk Indonesia, namun selain contoh ini ada lagi yang lebih membingungkan.

Salah satu contohnya adalah kendaraan roda empat. Kalau untuk produk-produk roda 4 yang manufaktur saja kita bisa memastikan atau bisa dipandang itu bukan produk Indonesia, namun klo didesain dan diproduksi hanya di Indonesia ini yang cukup membingungkan. Salah satu fakta yang ada adalah mobil Daihatsu GranMax dan Luxio. Kedua Produk ini merupakan hasil cipta anak bangsa katanya, karena orang-orang Indonesialah yang membuat desain dan memproduksinya, bahkan yang lebih hebatnya lagi produk Granmax ini hasil produksi pertama Indonesia yang bisa masuk pasar domestik Jepang. Hal itu sungguh membanggakan namun apakah ini bisa disebut kebanggaan karena produk Indonesia padahal brand yang digunakan adalah brand perusahaan jepang yaitu Toyota.

Sungguh kedua hal tersebut merupakan produk yang sulit kita nilai sebagai produk dalam negeri, namun tentunya walaupun kita berlum bisa membuat secara keseluruhan produk-produk tersebut namun kita cukup bangga bahwa kita punya produk-produk seperti itu dan bahkan sangat dihargai oleh negara-negara lain di dunia.


Actions

Information

One response

25 12 2010
banuaw

gak jelas nih postingan lo !! hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: