Membuat Wireless Network Conection

7 11 2010

Sekarang ini banyak fasilitas umum yang menawarkan HOTSPOT, dimulai dari cafe, restoran, perkantoran, hotel hingga mal-mal yang ada dikota besar. Tentunya dengan adanya HOTSPOT memudahkan orang untuk berselancar internet dimanapun dan kapanpun tanpa harus menggunakan kabel, namun tentunya kita harus membawa perangkat yang dibutuhkan untuk menggunakan HOTSPOT yaitu Wireless. Sekarang ini Wireless bukan lah alat yang sulit ditemukan, dihampir semua laptop sudah diintegrasikan dengan wireless terlebih lagi wireless sudah dapat ditemukan juga di handpone-handpone tertentu.

Namun sebenarnya jika kita amati sebenarnya HOTSPOT merupakan jaringan internet yang disebar dengan suatu media sehingga wireless dapat menangkap dan terkoneksi dengan jaringan internet yang ada. Sebenarnya kalau kita telaah sebenarnya kita sendiri bisa membuat HOTSPOT dengan laptop yang kita miliki, tentunya laptop anda sudah terintregrasi dengan wireless.

Pertama-tama kita harus menghidupkan wireless pada laptop kita tentunya drivernya pun sudah di install sebelumnya sehingga wireless benar-benar dapat berfungsi dengan sempurna

Setelah masuk pada windows, lihat pojok kanan bawah pada logo internet diklik 1 kali hingga muncul jaringan koneksi yang sedang digunakan maupun jaringan yang pernah gunakan. Setelah itu pilih “Open Network Sharing Center”

Setelah itu akan muncul jendela mengenai NETWORK AND SHARING kemudian kita pilih “Set Up a New Conection or Network”

Setelah itu akan keluar tampilan Koneksi option, maka kita pilih “Set Up a Wireless ad hoc (computer to Computer) Network”

 

Setelah itu akan ada tampilan pemberitahuan bahwa Koneksi hanya bekerja maksimal dalam jarak 30 feet, kemudia kita NEXT

 

Setelah itu akan keluar tampilan untuk memberikan nama dan security key pada network yang akan kita buat. Berikan nama pada network name sesuai dengan yang kita ingin kan. Untuk security type ada 3 jenis antara lain:

  1. “NO AUTHENTICATION (OPEN) —> pada network ini kita tidak memberikan password sehingga siapapun bebas masuk dalam jaringan kita
  2. WEP” ———> pada network ini kita membatasi siapa saja yang bisa ikut dalam network kita dengan password, sehingga untuk masuk dalam jaringan ini diperlukan password
  3. WPA-2 PERSONAL”————-> Tidak Jauh berbeda dengan WEP namun lebih ketat security nya

Setelah kita memasukkan nama dan security type pada network yang kita buat, maka akan ada tampilan bahwa network kita telah siap untuk digunakan, Lalu pada tampilan ini ada pilihan “TURN ON INTERNET CONNECTION SHARING” Pilihan ini jika kita aktifkan maka Internet yang kita gunakan pada laptop akan disharing melalui network yang kita buat sebaliknya jika kita tidak memilihi network yang kita buat tidak akan ada koneksi internetnya.

Namun kali ini kita akan membuat jaringan berinternet bukan oleh sebab itu kita pilih “TURN ON INTERNET CONNECTION SHARING”

 

Setelah ada tampilan INTERNET CONNECTION SHARING IS ENABLED Maka Internet yang sedang digunakan pada laptop kita bisa digunakan orang lain dengan mengikuti network yang kita buat.

Itulah caranya membuat Koneksi Internet Wireless. Cukup mudah bukan, hal ini juga bisa diterapkan pada windows Xp namun untuk caranya jauh berbeda dibandingkan pada windows 7.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: